MENGEJUTKAN !!! INILAH 11 MANFAAT DAUN PISANG YANG HARUS ANDA KETAHUI . . . ((SEMOGA BERMANFAAT))

loading...
Pisang adalah tumbuhan yang multi fungsi, tidak hanya buahnya saja. Daun pisang, akar pisang, jantung serta batang pisang juga memiliki sebagian manfaat untuk manusia. Tidak ada satu unsur juga yang tidak bermanfaat dari tumbuhan pisang ini. Kegunaannya pun melingkupi banyak fungsi, mulai dari sebagai makanan, obat-obatan, sebagai pupuk untuk tanaman lain serta masih banyak lagi.
Di kesempatan kali ini kita akan membahas manfaat daun pisang yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, di antaranya yaitu :



A. Manfaat daun pisang di dunia kesehatan dan kecantikan 

1. Menetralisir racun serangga 
Daun pisang dapat digunakan jika anda di gigit serangga-serangga kecil yang ada di hutan, seperti lebah/tawon, semut, laba-laba yang meninggalkan racunnya di kulit anda.

2. Mengatasi ketombe 
Daun pisang bisa juga digunakan untuk mengatasi ketombe anda secara alami. Yakni dengan membuat sebuah ramuan jus sari daun pisang selanjutnya menggunakannya terus menerus sampai ketombe anda hilang.

3. Mengobati luka 
Ternyata daun pisang juga sering digunakan untuk mengobati luka-luka kecil pada kulit. Caranya dengan menghaluskan daun pisang selanjutnya menempelkannya pada luka anda.

4. Mengobati demam 
Daun pisang sudah sering digunakan sebagai penurun panas demam, yaitu dengan cara mengambil daun pisang yang masih muda selanjutnya memberikan minyak kelapa secukupnya selanjutnya ditempelkan ke dahi dan tubuh.

5. Mengobati radang atau iritasi 
Radang atau iritasi pada bayi dapat diobati dengan daun pisang yang dihaluskan serta dijadikan sebagai salap.

 6. Memepercantik Kulit 
Di dalam kandungan daun kelapa ada satu zat bernama allantolin yang umumnya digunakan sebagai krim kecantikan. Kandungan ini dapat membunuh kuman tidak terlihat pada kulit serta terhindar dari iritasi.

7. Menambah daya tahan tubuh 
Didalam daun pisang ada sebuah kandungan zat bernama polifenol, yang biasanya dijadikan antioksidan di dunia kesehatan. Kandungan ini bermanfaat untuk mencegah tubuh terkena penyakit serta melawan radika bebas. Anda tidak perlu mengonsumsi daun pisang, untuk mendapatkan manfaat daun pisang ini anda hanya butuh membungkus makanan anda dengan daun pisang sehingga makanan anda menyerap kandungan ini dari daun pisang.

B. Manfaat daun pisang untuk makanan 

1. Sebagai pembungkus makanan 
Sumber: pixabay. dengan Daun pisang sering digunakan sebagai pembungkus makanan karena diketahui pada daun pisang terdapat lapisan seperti lilin yang dapat membuat cita rasa yang tinggi dan rasa khas dibanding menggunakan pembungkus lain. Beberapa pengusaha juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanannya seperti sate padang, pecel dan lain-lain. Tentu saja hal itu akan meningkatkan kualitas makanannya dimata konsumennya.

2. Menambah nafsu makan 
Makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang akan menghasilkan suatu aroma yang khas, yang tentunya akan meningkatkan nafsu makan anda pada bau yang sedap itu.

3. Tempat makanan yang higenis 
Makanan higenis dapat anda miliki apabila anda membungkus makanan anda menggunakan daun pisang yang sudah dibersihkan dengan air.

4. Terbebas dari bahan kimia 
Menggunakan daun pisang sebagai alas makanan akan lebih aman dari bahan kimia. Karena kita akan terhindar dari piring plastik atau sisa sabun pada piring kaca.

Sering juga kita dapatkan daun pisang yang digunakan untuk kerajinan-kerajinan yang bersifat sementara atau tidak tahan lama. Walaupun sebentar, hasil dari kerajinan daun pisang itu sangatlah indah.

Itulah hal-hal yang dapat kita gunakan menggunakan daun pisang, baik anda seorang pengusaha, koki atau ahli medis. Anda dapat menggunakan daun pisang sebagai salah satu alternatif.

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

0 Response to " MENGEJUTKAN !!! INILAH 11 MANFAAT DAUN PISANG YANG HARUS ANDA KETAHUI . . . ((SEMOGA BERMANFAAT)) "

Posting Komentar