ANDA MENGENAL BUAH SATU INI ??? ..YUUK KITA BACA BANYAK SEKALI MANFAAT NYA UNTUK KESEHATAN KITA, SEMOGA BERMANFAAT

loading...
Mengkudu atau noni memperoleh sebutan Latin Morinda citrifolia, adalah tumbuhan yang berasal dari daerah Asia Tenggara dan termasuk kedalam famili Rubiaceae. Pohon mengkudu akan tumbuh subur di daerah dataran tinggi mencapai 1500 m, sementara tinggi pohon sendiri dapat melebihi 5 m. Buahnya majemuk dengan adanya banyak jumlah totol pada permukaan kulit (bila masihlah muda) dan berubah jadi bintik hitam bila sudah tua.



Masyarakat Aceh sering merujak dengan mencampurkan mengkudu, untuk yang menginginkan membuat sayur juga tak jarang memilih mengkudu. Sisi lain yang umum dimanfaatkan beberapa masyarakat kota Aceh yaitu daunnya yang dapat digunakan jadi salah satu bahan nicah peugaga yang disebut menu wajib buka puasa.

Buah mengkudu banyak mempunyai sifat mencegah pada penyakit, hal semacam ini menjadikan dirinya sebagai salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang patut dibudidayakan. Kembali mengintip rutinitas masyarakat Aceh, mereka sangat suka menanam pohon mengkudu di perkarangan tempat tinggal, sebab mereka kenal bahwa tumbuhan ini dapat mengatasi banyak penyakit.

Manfaat Buah Mengkudu
Berbagai unsur senyawa menjadi komponen utama penyusun buah mengkudu, mereka bersatu padu dengan satu tujuan, yaitu memberikan manfaat pada manusia.

Di bawah ini akan sedikit dibahas materi kesehatan menarik tentang objek yang sedang dibahas pada artikel ini, yaitu manfaat buah mengkudu dalam soal kesehatan, terutama jadi obat tradisional. Seperti apa sih kelebihan buah mengkudu dari buah-buahan lain? Semua akan dibahas dengan cara gamblang di bawah ini.

Memberikan Daya Tahan Tubuh Yang Lebih
Tubuh yang kekurangan asupan vitamin akan mengalami berbagai masalah kesehatan yang dikarenakan oleh ketidakmampuan imunitas tubuh dalam soal menumpas bakteri penyakit.

Di sini mengkudu bekerja ekstra dalam soal meningkatkan sistem antibodi tubuh. Dari hasil uji
klinis Dr. Schechter (Institut Penyembuhan Alami di California) membuahkan kabar kalau sari buah mengkudu bisa merangsang produksi sel T dalam jaringan kekebalan tubuh. Hal itu akan menguatkan sistim kekebalan tubuh dari serangan penyakit dan dapat kurangi rasa sakit/nyeri, menghalangi laju perkembangan sel kanker, dan menormalkan fungsi sel yang tidak normal.

Menurunkan Tekanan Darah
Berdasar pada tulisan yang sudah diambil dari blog manfaat buah daun, buah mengkudu bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi.

Pembuatan ramuan obat itu sendiri tidaklah rumit. Sediakan 2 buah mengkudu yang telah matang dari pohon, dan 1 sendok makan madu. Peras ke-2 buah dan tampung airnya, tambahkan sesendok madu tadi ke air perasan buah mengkudu. Ramuan ini Anda minum satu hari 2 kali.

Manfaat Mengkudu sebagai Obat Batuk
Manfaat lain dari buah noni yaitu menyembuhkan beragam jenis batuk. Hal semacam ini mungkin saja terjadi karena ada sifat anti-bakteri dan anti-peradangan dalam daging buahnya.

Cara membuat obat batuk dari mengkudu yaitu dengan menyiapkan 1 buah mengkudu masak dan 1/2 genggam daun poo (bujanggut). Beberapa bahan tadi di rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Saring airnya, terakhir minum hingga habis satu hari 2 kali (pagi dan sore atau malam).

Mengkudu Obat Demam dan Flu
Demam, masuk angin dan flu yaitu penyakit paketan yang biasa menghampiri seseorang saat musim dingin. Di saat kondisi ekstrim tubuh akan kelelahan berperang melawan bakteri, jadi wajar bila Anda terkena masalah itu.

Untuk mengobatinya Anda dapat merebus 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur dalam panci berisikan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Tunggulah dingin, lalu saring airnya dan minum satu hari 2 kali (pagi dan sore hari).

Semakin ke sini buah mengkudu jadi objek studi menarik beberapa dokter maupun ahli pengobatan. Sementara produk keluaran mengkudu ini saat ini sudah banyak, seperti Noni Juice dan masih banyak lagi.

sumber: http://www.media-herbal.com

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

0 Response to " ANDA MENGENAL BUAH SATU INI ??? ..YUUK KITA BACA BANYAK SEKALI MANFAAT NYA UNTUK KESEHATAN KITA, SEMOGA BERMANFAAT "

Posting Komentar