Wajib baca.!!! 5 Tip Sederhana Tingkatkan Daya Ingat

Merasa mudah lupa? Yuk, simak tip sederhana yang tak disangka-sangka mampu lejitkan daya ingat Anda.

Merasa mudah lupa meletakan suatu benda? Tenang, Anda tidak sendirian. Lebih dari 50% orang dewasa pernah mengalami keluhan gangguan daya ingat.


Meski sepele, gangguan daya ingat yang ditandai dengan keluhan lupa bisa menjadi tanda awal dari demensia. Demensia itu sendiri adalah akibat dari menurunnya fungsi daya ingat.

Hasil gambar untuk gambar orang berkonsentrasi

Nah, jika ingin terhindar dari keluhan tersebut, Anda bisa lakukan tip sederhana yang bantu lejitkan daya ingat berikut ini:

Membaca buku

Bacalah buku apa saja, sesuai minat Anda. Novel, majalah, buku keagamaan, atau buku apa saja yang benar-benar ingin Anda baca. Kebiasaan membaca terbukti menurunkan risiko terjadinya gangguan daya ingat sebesar 50%.

Berlibur

Berlibur tidak berarti harus mengambil cuti berhari-hari dan pergi ke luar kota atau luar negeri. Anda hanya perlu relaksasi selama 24 jam, setidaknya 1 bulan sekali. Tindakan ini dapat berupa menonton televisi, olahraga, atau aktivitas yang menyenangkan hati Anda. 

Dengan melakukannya, jalinan syaraf di otak (sinaps) akan semakin banyak terbentuk dan membuat daya ingat Anda semakin tajam.

Tidur cukup 

Orang dewasa membutuhkan waktu 6-9 jam untuk tidur di malam hari. Meski terdengar klise, padahal sebenarnya waktu tidur yang demikian sangat penting bagi daya ingat Anda. 

Saat tidur di malam hari, tubuh menghasilkan hormon yang berfungsi meregenerasi sel, termasuk sel di otak. Di saat yang sama, otak juga ‘merapikan’ dan ‘mengelompokkan’ memori dari kejadian yang dialami sepanjang hari, sehingga memori tersebut akan tahan lama di otak.

Olahraga

Sebuah studi yang dilakukan oleh Britisg Journal of Sports Medicine menyebutkan bahwa orang yang berolahraga teratur mengalami peningkatan volume struktur otak yang berperan dalam menyimpan memori (hipokampus). 

Olahraga yang disarankan untuk meningkatkan daya ingat adalah aerobik –seperti jalan cepat, jogging, berenang, dan senam. 

Mengobrol dengan teman

Mengobrol dengan teman, baik secara langsung atau melalui telepon, sangat bermanfaat untuk melatih otak. Sebuah studi di Amerika menemukan bahwa lansia yang memiliki komunitas untuk berkomunikasi lebih jarang mengalami demensia.

Tip di atas sangat sederhana dan menyenangkan untuk dilakukan, bukan? Yuk, praktikkan mulai dari sekarang agar daya ingat Anda semakin tajam dan terhindar dari demensia.

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

0 Response to " Wajib baca.!!! 5 Tip Sederhana Tingkatkan Daya Ingat "

Posting Komentar