untuk pengetahuan.! wajib baca Begini Cara Membedakan Air Zam Zam yang Asli dengan yang Palsu

loading...
Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penitian uji kemurnian air zam-zam.
Wildhan Ichsan Syahputra Munggaran, mahasiswa Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB melakukan penelitian tersebut dengan meneliti bagaimana caranya mengetahui kemurnian air zam-zam dengan cara menghitung konduktivitas listriknya dengan konduktimeter.

Begini Cara Membedakan Air Zam Zam yang Asli dengan yang Palsu

Dari siaran pers Humas IPB menyebutkan bahwa sebelumnya,telah dilakukan penelitian oleh Irwin Ulil Hidayah dengan judul 'Deteksi Kemurnian Air Zam-zam dengan Menggunakan Metode Spektrofotometri Near Infrared (NIR) dan Kemometrik', Kun Rasyida dengan judul 'Deteksi Kemurnian Air Zamzam dengan Menggunakan Metode Spektrofotometri Fourier Transform Infrared (FTIR) dan Kemometrik'.

Berdasarkan hasil penelitian Wildhan, air zam-zam yang murni memiliki konduktivitas listrik sekitar 800 µS/cm setelah diuji oleh alat konduktimeter dengan tiga kali pengulangan.
"Iya, karena hal ini disebabkan oleh banyaknya ion dan mineral seperti kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na) dan klorida (Cl) yang terkandung dalam air zam-zam murni," tuturnya.
Wildhan menjelaskan bahwa ternyata nilai konduktivitas listrik air mineral yang biasa dijumpai di pasaran berbeda jauh dengan air zam-zam murni, yaitu kurang dari 150 µS/cm setelah diuji oleh alat konduktimeter dengan tiga kali pengulangan.

Bukan hanya itu Wildhan pun pernah menguji bagaimana jika Air Zazam dicampur dengan air biasa yang ada di pasaran.
"Apa yang terjadi jika air zam-zam dicampur dengan air mineral yang ada di pasaran, maka itu saya mencoba melakukan penelitian nilai konduktivitas listrik saat air zam-zam dicampur air biasa," jelasnya.

Wildhan mengatakan setelah dilakukan penelitian ternyata nilai konduktivitas listrik sampel air zam-zam murni cenderung menurun ketika ditambahkan sampel air mineral dari pasaran.

"Setelah dicampurkan, air zam-zam memiliki nilai konduktivitas listrik paling tinggi ketika komposisi air zam-zam 90%, sedangkan nilai konduktivitas listrik paling rendah ketika komposisinya 10%," tuturnya.

Penelitian tersebut didasari untuk mengantisipasi adanya air zamzam yang dicampur.
Sebagai konsumen kita tentu ingin mendapatkan khasiat dan manfaat dari kandungan mineral, ion, dan lain-lain yang ada pada air zam-zam.

"Air zam-zam yang terletak di Masjidil Haram ini dipercaya sebagai minuman yang banyak manfaatnya," ucapnya.

Widhan menambahkan hal itu menyebabkan permintaan air zam-zam di dunia sangat tinggi.
Akan tetapi pada tahun 2010 pemerintah Arab Saudi memberlakukan Undang-undang larangan ekspor air zam-zam ke luar negeri untuk kepentingan komersial.

"Oleh karena itu, banyak perdagangan air zam-zam yang tidak murni di dunia, termasuk di Indonesia, maka dari itu perlu dikembangkan suatu metode yang dapat digunakan untuk menentukan kemurnian air zam-zam," jelasnya.

Sumber: http://bogor.tribunnews.com/2017/03/25/begini-cara-membedakan-air-zam-zam-yang-asli-dengan-yang-palsu?page=2

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

0 Response to " untuk pengetahuan.! wajib baca Begini Cara Membedakan Air Zam Zam yang Asli dengan yang Palsu "

Posting Komentar