Inilah Kedahsyatan Puasa Di Bulan Ramadhan Sebagai Bulan Kesabaran...

loading...
Setiap muslim hendaknya senntiasa berusaha mengikis dan menghilangkan berabagai penyakit hti yang dapat menggeogoti iman di dada. Karena hati yang rusak akan melahirkan pikiran yang kototr, niat yang jahat, amal yang rusak, dan perkataan yang buruk. 

Puasa Ramadhan Sebagi Bulan Kesabaran

Usaha perbaikan ini dapat diwujudkan dengan melakukan ibadah puasa selama ramadhan dan tiga hari dalam tiap bulan sebagaimana Sabda Nabi SAW, Puasa di Bulan Kesabaran, dan tiga hari dari setiap bulan, akan menghilangkan penyakit di dada (HR. Ahmad, Nasa’i dan Abu Daud).

“Ramadhan sebagai bulan kesabaran” penggalan hadis ini menunjukkan bahwa bulan ramadhan juga dinamakan dengan bulan kesabaran. Penamaan ini memiliki dua makna sebagai berikut:

1. Menunjukkan bahwa Puasa adalah Kesabaran

Rasululah SAW bersabda: “Puasa adalah Separuh Kesabaran” (HR. Tirmidzi) Ibnu rajab Al-Hanbali Berkata, “ sabar ada tiga macam: sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT, sabar dalam meninggalkan hal-hal yang diharamkan oleh Allah SWT, dan sabar terhadap takdir Allah SWT yang memberatkan. 

Ketiga macam sabar ini terhimpun dalam puasa, terdapat kesabaran dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT, Kesabaran dalam meninggalkan keinginan dan syahwat yang diharamkan Allah SWT, dan sabar terhadap penderitaan yang dialami oleh orang berppuasa seperti lapar, dahaga, kelemahan fisik dan jiwa.

Penderitaan yang muncul dari amal ketaatan akan mengundang pahala bagi pelakunya. Dalam Al-Quran disebutkan:

(120). مَا كَانَ لِأَهْلِ الْمَدِينَةِ وَمَنْ حَوْلَهُمْ مِنَ الْأَعْرَابِ أَنْ يَتَخَلَّفُوا عَنْ رَسُولِ اللَّهِ وَلَا يَرْغَبُوا بِأَنْفُسِهِمْ عَنْ نَفْسِهِ ۚذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ لَا يُصِيبُهُمْ ظَمَأٌ وَلَا نَصَبٌ وَلَا مَخْمَصَةٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَطَئُونَ مَوْطِئًا يَغِيظُ الْكُفَّارَ وَلَا يَنَالُونَ مِنْ عَدُوٍّ نَيْلًا إِلَّا كُتِبَ لَهُمْ بِهِ عَمَلٌ صَالِحٌ ۚإِنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِينَ

Artinya: Tidaklah sepatutnya bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badwi yang berdiam di sekitar mereka, tidak turut menyertai Rasulullah (pergi berperang) dan tidak patut (pula) bagi mereka lebih mencintai diri mereka daripada mencintai diri Rasul. Yang demikian itu ialah karena mereka tidak ditimpa kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah. dan tidak (pula) menginjak suatu tempat yang membangkitkan amarah orang-orang kafir, dan tidak menimpakan sesuatu bencana kepada musuh, melainkan dituliskanlah bagi mereka dengan yang demikian itu suatu amal saleh. Sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik (QS At-Taubah: 120)

2. Pahala Kesabaran akan dipenuhkan Allah SWT tanpa Hitungan

Rasulullah SAW bersabda, Setiap amalan anak adam adalah miliknya, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa ini adalah milik-ku dan aku yang akan membalasnya (Hr Bukhari dan Muslim)

Ibnu rajab Al-Hanbali berkata, “Semua amal dilipatgandakan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Allah tidak hanya melipatgandakan pahala puasa sebatas sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat saja, tetapi akan melipatgandaknya tanpa batas.

Karena puasa termasuk kesabaran, sedang allah SWT teah berfirman, “Sesungguhnya hanya orang-orang yang berabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10). Dikutip dari buku lathaiful Ma’arif, 215-216.
Puasa Ramadhan Sebagi Bulan Kesabaran

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

1 Response to " Inilah Kedahsyatan Puasa Di Bulan Ramadhan Sebagai Bulan Kesabaran... "

  1. saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH BASKORO atas bantuannya saya bisa menang togel 4D sudah 2x berturut2 yaitu [ 6721/1305 ]..saya ingin berbagi cerita kepada semuanya bahwa saya ini cuma seorang perantau dan saya cuma bekerja sebagai pembantu,tentunya anda tau kalau pembantu itu gajinya tidak seberapa dan saya kepengen pulang kampung tapi gaji saya tidak cukup akhirnya saya coba pinjam keteman saya,dia pun juga tidak punya uang dan saya pindah lagi keteman yang lain dia pun juga tidak punya,,akhirnya teman saya memberikan nomor telpon MBAH BASKORO dan katanya ini paranormal sangat terkenal yang banyak membantu orang dalam mengatasi masalah,dengan penuh semangat saya langsun menghubungi MBAH BASKORO dan ALHAMDULILLAH saya diberikan anka yang benar-benar tembus dan berkat bantuan MBAH BASKORO saya sudah bisa berkumpul kembali dengan keluarga saya dikampung,,jika anda sangat membutuhkan bantuan..jangan anda ragu silahkan hubungi saja MBAH BASKORO di 085-217-344-419,,karna beliau meman benar-benar paranormal yang bisa dipercaya dan yang punya room terimah kasih banyak atas tumpangannya.. 

    BalasHapus