Ketika Ragu dalam Shalat Sudah Rakaat Berapa, Inilah yang Harus Dilakukan..share ya semoga bermanfaat

loading...
Keraguan kadang menimpa orang yang tengah salat. Kesangsian yang membuatnya bimbang, sudah di rakaat berapakah ia. Lalu apa yang butuh dikerjakan apabila tengah solat ragu, umpamanya telah salat tiga rakaat atau empat rakaat?



Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz dalam kitaabnya Tuhafatul Ikhwan bi Ajwibatin Muhammatain Tata’allaqu bi arkanil Islam yang ditranslate jadi Ajukan pertanyaan Jawab berkenaan Rukun Islam membicarakan permasalahan ini.

Syaikh Bin Baz berkata, yang penting buat orang itu yaitu
memberikannya keyakinan jumlah yang lebih kecil. Jadi dalam permasalahan ini, ia memberi keyakinan apabila sudah 3 rakaat. Sesudah rakat empat ia sujud sahwi (sujud karena lupa) maka salam.

Dalilnya yaitu sabda Rasulullah SAW.

 " Seandainya seorang dari kalian sangsi dalam salatnya, lalu ia tak memahami berapakah yang telah ia kerjakan tiga atau empat rakaat, jadi baiknya ia buang kesangsian dan bangun atas apa yang ia yakini, lantas semestinya ia sujud 2 x sebelumnya salam. Seandainya nyata-nyatanya ia salat lima rakaat, ke-2 sujud itu menggenapkan salatnya. Jika ia salat sempurna (4 rakaat), jadi ke-2 sujud itu yaitu kemenangannya atas Syetan. " (Hadis dikeluarkan Muslim dalam shahihnya)

Mengenai jika pilih meyakini pada satu di antara dua peluang tadi dan tentukan mana yang ia meyakini, jadi setelah salam ia sujud sahwi 2 x.

http :// www. beritatrenmasakini. com

Subscribe to receive free email updates:

Baca Juga :
loading...
loading...

0 Response to " Ketika Ragu dalam Shalat Sudah Rakaat Berapa, Inilah yang Harus Dilakukan..share ya semoga bermanfaat "

Posting Komentar